Kencang

Berisi tips membuat motor kencang

Kamis, 05 April 2012

cara mengatasi super kips macet pada kawasaki ninja

Gigi-gigi super kips
Banyak Kejadian Katup Super KIPS di Kawasaki Ninja generasi Euro 2 bisa macet. Kalo udah macet, akselerasi dan top-speed langsung drop. “Macet karena tumpukan kerak sisa gas buang. Jadi gerak putarnya terhambat. Tapi, nggak perlu diganti. Cukup dibersihin kayak servis kepala silinder,” bilang Freddyanto Basuki, bos divisi servis PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Sejatinya katup Super KIPS buat nambah power. Ia membuka setelah mesin berkitir sampai 7.000 rpm. Di rpm bawah, akselerasi motor bagus karena katup Super KIPS nutup. Sehingga bukaan lubang eksos gak besar. Dan, di rpm atas top speed-nya laju. Sebab katup KIPS membuka liang eksos tambahan. Alhasil, gas buang lebih lancar dan cepat.

“Super KIPS juga guna memenuhi standar emisi gas buang Euro 2 Makanya, jika Super KIPS macet, semua tujuannya gak jalan,” jelas Freddy, sapaan Freddyanto Basuki. Dia juga kasih cara gampang jika Super KIPS macet.
Buka aja karet penutup Super KIPS di depan cylinder-head. Mengeceknya, buka gas ampe 7.000 rpm. Jika gigi-gigi Super KIPS tak bergerak, tandanya komponen ini macet. “Mestinya di rpm 6.000 gigi-gigi Super KIPS mulai gerak dan membuka penuh setelah 7.000 rpm,” jelas Freddy lagi.

Kalo udah ketauan macet, buruan betulin. Bisa dikerjain sendiri, kok. Siapin obeng plus, kunci ring 10 dan 8 serta kunci L 5. Mulai dengan buka fairing samping pake obeng plus. Berikutnya, copot karet pelindung Super KIPS.


Batang pemutar Katup SKIPS

Lalu lepas batang pemutar katup Super KIPS. Pakai kunci ring 10 . Awas, buka murnya beda dengan baut umumnya. Bukanya putar ke kanan. Sebaliknya, ngencengin putar ke kiri. Sebelum melepas batang pemutar, perhatikan bagian atasnya, ada titik. Saat dipasang nanti, titik ini kudu ada di tengah 2 titik yang ada di gigi ketup Super KIPS


Lanjut copot rumah Super KIPS. Lepas kedua baut pengunci dengan kunci ring 8 . Membukanya normal, putar ke kiri. Kini katup Super KIPS keliatan. Sebelum melepasnya, perhatikan gigi-gigi kedua katup. Ada 1 titik di tiap gigi. ketika memasang nanti, kedua titik harus ketemu.


Baut Pengunci

Kalo udah jelas, lepas dua baut pengunci katup pake kunci L 5. Mencabut katup harus dibantu mencungkilnya dengan obeng min. Posisi nyongkelnya pilih yang tidak ngerusak permukaan kepala silinder.


Setalah berhasil di cabut.. bersihkan bagian yang dilapisi teflon warna orange.. Jika ada cairan carburator cleaner bisa disemprotkan dulu agar kerak melunak. Kalo nggak ada, kikis aja dengan ampelas halus ukuran 1.000 agar tidak mengikis besi katup.

Setelah Beres. Silakan pasang kembaliin lagi ke posisi semula.
Ninja anda pun siap ngacir kembali......


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar